Minggu, 13 Mei 2012

Curug Silawe, Panorama Indah yang Jarang Terjamah

Objek wisata air terjun Curug Silawe yang masih asri di Magelang
Berbicara tentang objek pariwisata di Magelang, orang-orang pasti akan segera menyebut Candi Borobudur atau Gunung Merapi. Tetapi di Kabupaten Magelang juga terdapat objek wisata yang tak kalah menarik dari Candi dan Gunung, yaitu objek wisata air terjun Curug Silawe.

Dari Borobudur, perjalanan ke Curug Silawe ini dapat ditempuh sekitar 30 menit ke arah barat menuju ke Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran. Pemandangan sawah dan pohon-pohon pinus yang indah menyambut para pengunjung ketika memasuki Kecamatan Kajoran. Selain itu, di kanan dan kiri jalan juga terdapat berbagai macam pembibitan cabai dan juga buah papaya.
Dengan membayar tiket seharga Rp 2000, pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun yang berada di lembah Gunung Sumbing ini. Curug Silawe berasal dari kata “lawe” atau laba-laba, karena air terjun ini mempunyai ketinggian 50 meter. Berjarak sekitar 150 meter dari Curug Silawe, terdapat air terjun lain yang bernama Curug Sigong. Menurut pengelola, pada hari-hari biasa, air terjun Curug Silawe ini sepi pengunjung. Akses yang cukup sulit menjadi salah satu kendala menuju objek wisata ini.

“Pengunjung yang datang pada hari-hari biasa jumlahnya tidak banyak. Dan mereka pun kebanyakan berasal dari Magelang sendiri ataupun kota sekitar, seperti Wonosobo atau Jogjakarta. Apabila musim hujan, jumlah pengunjung juga berkurang,ujar Suroso, ketua pengelola Curug Silawe, saat ditemui Minggu (13/5/2012).

Objek wisata yang buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB ini memang cukup sulit untuk diakses. Bahkan belum ada transportasi umum yang mencapai kawasan Curug Silawe ini. Pengunjung biasanya menggunakan transportasi pribadi, seperti motor atau mobil. Jika menggunakan mobil, para pengunjung harus melewati jalan menanjak yang masih berupa jalan trasah yang belum diaspal dengan berjalan kaki, karena jalan tersebut sempit dan menanjak, sehingga sulit ditempuh  dengan menggunakan mobil.

Kebanyakan yang berkunjung kesini menggunakan sepeda motor, karena jalan menuju Curug Silawe ini cukup sulit. Terkadang juga ada rombongan yang memakai truk untuk bisa mendekati lokasi ini,imbuh Suroso.

Meskipun Curug Silawe memiliki keterbatasan akses, tetapi objek wisata air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah, suasana sejuk dan terdapat area pohon-pohon pinus disekitarnya yang menampilkan pesona alam yang elok. Di tempat ini, pengunjung juga bisa bersantai di batu-batu besar di sekitar kolam yang terbentuk dari air di atas tebing. Keasrian tempat ini masih terjaga dengan baik. Di hutan seberang Curug Silawe, juga merupakan tempat konservasi Elang Jawa. (Riana Rahmawaty)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More