Jumat, 11 Mei 2012

Gebyar Pembukaan Mangkunegaran Performing Art


Gebyar Mangkunegaran Performing Art:
Tari Golek Montro sebagai pembukaaan Mangkunegaran Performing Art , Jumat (11/5/2012)
Media Nusantara, SOLO - Acara budaya Mangkunegaran Performing Art 2012 resmi dibuka, Jumat (11/5), bertempat di Pura Mangkunegaran, Solo. 

Acara yang rencananya berlangsung selama dua hari tersebut terselenggara atas kerjasama pihak Pura Mangkunegaran dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, dalam hal ini diwakili oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surakarta.


Mangkunegaran Performing Art rutin diadakan setiap tahun. Pada hari pertama mementaskan tari Golek Montro, Wireng Bandabaya, Beksan Gambyong Retno Kusumo, Wireng Mandra Kusuma (Srikandi-Larasati) dan Wireng Wiropratomo. Kami berusaha menampilkan materi yang berbeda ditiap tahunnya. Pada tahun ini, yang diharapkan bisa lebih baik dari yang tahun lalu, kata Ketuia Panitia, GPH Herwasto Kusumo saat ditemui, Jumat malam (11/5).

Kemeriahan pembukaan Mangkunegaran Performing Art tampak dari jumlah penonton yang datang berduyun-duyun, bahkan rela berdesak-desakan untuk menyaksikan secara langsung acara ini. “Hal yang normal bila berdesak-desakan seperti ini, karena Solo sangat konsisten dalam menampikan event-event seni dan budaya, sehingga saya yang berasal dari luar kota pun juga sangat antusias,” ujar Marsudi (34), pengunjung asal Bantul.

Pergelaran Mangkunegaran Performing Art tahun ini semakin meriah dengan turut dibukanya stan-stan yang menawarkan kuliner. Para pengunjung dimanjakan oleh stan yang berada di sisi-sisi Pendapa Ageng itu menawarkan makanan-makanan khas Solo seperti nasi liwet, sate kere (sate sapi), gudeg, dan juga serabi. (Delly Sandika Putra)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More