Jumat, 11 Mei 2012

PEMBURU BARANG ANTIK BAKAL DATANG KE SOLO

Beberapa barang antik yang diperlihatkan di pasar Windujenar untuk menarik minat para pengunjung. Segala macamnya dapat dijumpai disini.
Pemburu barang antik pasti akan datang ke kota Solo karena di Solo ada Pasar Windujenar yang terdapat banyak sekali barang antik. ”Seperti kain batik, uang dan koin kuno, cap batik, gramofon tua dari Eropa, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua, sepeda dari tahun 1930an, hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba dari Sangiran bisa ditemukan disini. Tidak ketinggalan pula lukisan-lukisan tua, lampu minyak, patung-patung Budha, hingga setrika arang”, jelas Bu Tono ketika ditanya barang apa saja dijual di Pasar Windujenar
Barang yang dijual  tidak semua barang yang benar-benar antik. Sebuah barang yang dikatakan penjualnya berusia ratusan tahun mungkin saja baru dibuat beberapa minggu lalu. Namun jika beruntung, kita bisa mendapatkan pusaka yang dulunya adalah milik kraton. Dan sampai sekarang, Pasar Windujenar juga masih melayani sistem barter. Kita bisa menukar koleksi kita dengan barang antik yang lain, tentu saja dengan negosiasi dan kesepakatan tentang nilai barang yang ingin dibarter.

“Kebanyakan yang datang ke pasar ini adalah wisatawan manca negara dan juga kolektor barang antik”, ucap Bu Tono salah satu penjual barang antik yang sudah bertahun tahun berjualan  di Pasar Windujenar ini yang telah direlokasi ini. Pasar Windujenar awalnya dikenal dengan sebutan Pasar Triwindu, karena setiap triwindu atau tiga windu sekali. Bila satu windu sama dengan delapan tahun, berarti pasar triwindu hanya digelar setiap 24 tahun sekali. Pasar ini berlokasi di Jalan Dipenogoro Kelurahan keprabon, Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

“Pasar ini mulai buka  pukul  09.00-18.00 setiap harinya, tapi biasanya jam 16.00 sudah banyak toko yang sudah siap-siap menutup tokonya, dan malam hari biasanya digunakan untuk acara acara seni khususnya hari sabtu atau minggu”, jelas Bu Tono (45) sambil merapikan tokonya yang sudah mau tutup. (Kartika A)

2 komentar:

Pasti harganya mahal-mahal ya?
___________________________________
Harga Smartphone| HP Terbaru

Nih gwa pnya barang antik "Piring Giok Hijau Dewi kwan im"
barang ni pengen gwa maharin. bagi yang minat bisa menghubungi saya hp.0813 6505 6713

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More